Pages

Cara Memasukkan Nilai Pada Aplikasi Dapodik dengan Mudah

Jumpa Lagi Sobat semuaa,....
Untuk memenuhi permintaan teman-teman semua, tentang bagaimana cara memasukkan nilai bidang studi setiap kelas, disini saya bantu untuk menjelaskan sesuai dengan pengalaman saya sendiri.... hmmm.
Untuk menyingkat waktu, kita mulai aja yaa,... Hehehe
Pada awalnya kita harus pastikan bahwa Aplikasi Dapodik Kita sudah versi 2017.c
 Langkah selanjutnya, seperti biasa kita Login dengan Acun OPS

 Setelah kita Login, seperti biasa muncul tampilan beranda Dapodik, Naah,... pada laman beranda akan ada tambahan menu yaitu Menu Nilai dimana sub menunya ada Rapor dan US/USBN.
Pada disini kita langsung klik Menu Nilai tersebut, lalu klik kembali sub menunya yaitu Rapor
Setelah itu akan muncul tampilan "Mata Evaluasi Rapor" disitu kita di suruh kita memilih Tahun Ajaran dan Kelas berapa yang mau kita kerjakan lebih dulu.


Naah,... setelah semuanya telah kita pilih yaitu Tahun Ajaran, Semester dan Kelasnya, maka secara automatic mata evaluasi rapor/atau mata pelajaran yang telah kita susun sebelumnya akan muncul beserta nama guru kelas maupun guru bidang studinya.
Tapi jangan senang duluu,... hehehhee, nama-nama siswanya belum muncul iya kaan,... untuk memunculkan nama-nama siswa yang mau kita isi nilainya adalah dengan cara klik 2 kali pada bidang studi yang akan kita isi nilai bidang studinya,... nama-nama siswanya serta kolom dimana kita akan masukkan nilai tersebut.
Okee,... bagaimana cara mengisi nilai tersebut agar lebih mudah ?....
Caranya adalah lebih dulu kita download/unduh format nilainya yang bentuk excel yaitu dengan mengklik menu Eksport dan Import.
 Lalu pada format Nilai yang kita unduh tadi, kita isikan KKM serta nilai sesuai dengan bidang studi yang kita inginkan.
Naah,... setelah semua telah terisi dengan baik, langkah selanjutnya adalah, kita kembali ke Aplikasi Dapodik kita untuk mengimport nilai yang telah kita isikan pada format nilai tadi, dengan cara kembali klik menu Eksport dan Import lalu klik menu import dari excel, lalu kita cari dimana kita menyimpan file excel yang berisi nilai tadi.

Setelah kita klik Import, Nilai yang telah isikan pada format excel tadi akan tampil pada aplikasi Dapodik kita..... Selesai deeeh.... satu bidang studi, begitu seterusnya pada bidang studi lainnya.
Terimakasih... semoga dapat membantu teman-teman semua...
Jika articlenya bermanfaat sharee di :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memasukkan Nilai Pada Aplikasi Dapodik dengan Mudah"

Posting Komentar